Selasa, 23 Jul 2024
Tokoh

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

 

Oleh Joko Widodo

Kunjungan kerja saya ke Provinsi Jawa Barat hari ini terasa istimewa. Saya ke Bandung dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam. Hanya dalam waktu setengah jam, saya yang berangkat dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, sudah sampai di Stasiun Padalarang, Bandung Barat.  

Perjalanan ini sekaligus uji coba moda transportasi KCJB sebelum diresmikan pengoperasiannya. 

Saat berangkat tadi, saya duduk di gerbong pertama kereta dengan nomor perjalanan G5901. Kereta berjalan dari Stasiun Halim dengan tujuan Stasiun Tegalluar. Kereta cepat pertama Indonesia ini kemudian melaju, terus menambah kecepatan, dari 50 km/jam hingga kecepatan maksimal 350 km/jam.

Tiba di Stasiun Padalarang, saya kemudian turun dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan kereta api pengumpan (feeder), kemudian menuju Kota Bandung dengan mobil untuk kegiatan kunjungan kerja lainnya.

Kereta cepat ini benar-benar nyaman bahkan saat mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam. Saya berharap kehadiran KCJB dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berpindah dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi umum. Ini penting untuk mengurangi kemacetan hingga polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. (*)

Presiden Republik Indonesia



Baca Juga