Rabu, 17 Jul 2024
Politik

Pintu Partai Gerindra Disebut Terbuka Untuk Budiman Sudjatmiko

EKSPOS – Nasib Politisi PDI-P Budiman Sudjatmiko akan ditentukan partainya hari ini, Senin (21/8/2023), buntut dari sikapnya yang mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. Ancaman pemecatan telah dilontarkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada pendiri Partai Rakyat Demokratik (PRD) tersebut.

Namun berhembus kabar Partai Gerindra menyatakan siap menampung Budiman, lantaran partai besutan Prabowo itu adalah partai terbuka dan menerima siapa pun untuk menjadi kader.

Seperti diungkapkan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (19/8/2023). 

“Gerindra partai terbuka, bisa menerima siapa pun,” tegas Muzani.

Muzani menyebut bahwa Partai Gerindra selain terbuka menerima siapa pun menjadi kadernya, asal yang bersangkutan dapat menerima seluruh keputusan partai.

“Yang penting satu: menerima dengan seluruh yang sudah kita putuskan, baik anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART), calon presiden, manifesto, perjuangan, dan seterusnya,” ucap dia.

Muzani juga menilai Budiman merupakan mantan aktivis yang memiliki kemampuan dan tingkat integritas tinggi, sehingga menjadi sosok penting untuk memberikan inspirasi.

“Budiman adalah sosok aktivis yang menurut saya sangat inspiratif, orang yang pernah jadi simbol perlawanan di zaman orde baru, sosok anak muda aktivis yang punya kemampuan dan tingkat integritas yang tinggi,” kata dia.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan partainya akan mengumumkan dua opsi sanksi kepada Budiman pada hari ini, Senin, 21 Agustus 2023: mengundurkan diri atau dipecat.

“Nanti, Pak Komarudin akan mengumumkan, yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan,” kata Hasto di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD PDIP Kalimantan Timur, Ahad kemarin, 20 Agustus 2023.

Komarudin yang dimaksud Hasto adalah Komarudin Watubun yang menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP. (*)

 



Baca Juga