Selasa, 23 Jul 2024
Politik

PDIP Resmi Memecat Budiman Sudjatmiko Dari Keanggotaan Partai

EKSPOS – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) resmi memecat Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan partai. Pemecatan tersebut lantaran Budiman Sudjatmiko mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Sementara PDIP sendiri telah mengusung jago Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Pemecatan ini dibenarkan oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun. Ia mengakui jika keputusan itu berdasarkan atas rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh pihaknya.

“Sidang Komite Disiplin sudah mengeluarkan rekomendasi kepada DPP sejak Hari Senin,” ungkap Komar, Kamis (24/8/2023).

Sebelumnya beredar sebuah surat keputusan DPP PDIP terkait pemecatan Budiman Sudjatmiko. Surat tersebut ditandatangani Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum dan Hasto Kristiyanto selaku Sekjen tertanggal 24 Agustus 2023.

“Memutuskan: satu, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil, dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” tulis surat keputusan tersebut.

Sementara Budiman Sudjatmiko membenarkan adanya surat keputusan tersebut.

Sebelumnya Budiman mengaku mendukung Prabowo karena yang bersangkutan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

“Saya melihat unsurnya relatif ada di Prabowo, jadi dengan terpaksa saya harus katakan kita harus mendorong kepemimpinan strategis itu,” ucap Budiman, dikutip dari kanal YouTube Kompas TV, Minggu (20/8/2023). (*)

 



Baca Juga