Rabu, 17 Jul 2024
Politik

Jokowi Tepis Isu Prabowo Subianto Tampar Wamen: Tahun Politik Banyak Berita Isu

EKSPOS – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menepis isu liar terkait kabar penamparan yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terhadap Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dalam sebuah rapat kabinet. Jokowi menyebut tidak ada peristiwa seperti itu.

Jokowi menilai kabar itu sengaja dihembuskan pada tahun politik seperti sat ini. “Masa cekik. Emang tahun politik ini banyak berita seperti ini,” kata Jokowi saat ditemui usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023).

Kabar Prabowo menampar salah satu wakil menteri awalnya disebarkan oleh akun media sosial Seword. Narator Alifurrahman Asyari mengklaim mendengar kabar dari orang yang menyaksikan langsung peristiwa tersebut bahwa menteri aktif di kabinet presiden Jokowi mencekik dan menampar wakil menteri jelang rapat kabinet istana.

Alifurrahman tidak menyebut menteri itu secara jelas. Tetapi dia memberi petunjuk menteri tersebut adalah calon presiden. Spekulasi mencuat di aplikasi perpesanan seperti X – yang sebelumnya dikenal Twitter, hingga WhatsApp.

Jokowi pun meminta semua pihak untuk mencek ulang kebenaran setiap berita seperti itu. “Tolong di-cross check kebenarannya jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita,” kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun membantah soal kabar tersebut. Dia menyatakan Prabowo Subianto sudah sering diisukan miring. Dia pun meyakini Masyarakat sudah pintar di tengah isu miring soal calon pemimpinnya.

Dasco pun menyerukan kepada kader Partai Gerindra dan mitra koalisi supaya tidak terprovokasi.

“Yang harusnya ramai di media adalah pasca bergabungnya Partai Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju, kemudian ditutupi isu lain,” katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (18/9/2023).

Hari ini Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto direncanakan akan berkunjung ke PT Pindad, Bandung, Jawa Barat.

Prabowo Subianto merupakan calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Koalisi ini awalnya merupakan gabungan dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan sejumlah partai non parlemen lainnya seperti Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora. Partai Demokrat baru saja bergabung dengan KIM untuk mengusung Prabowo pada akhir pekan lalu. (*)

 



Baca Juga