Rabu, 17 Jul 2024
Politik

Jokowi Diklaim Sebagai Owner PAN

EKSPOS – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan owner atau pemilik PAN. Bahkan Zulhas mengatakan hubungan PAN dan Jokowi sangat erat.

“Pak Jokowi owner (PAN). Sudah,” kata Zulhas usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Menurut Zulhas, PAN telah menganggap Jokowi bagian dari keluarga. Zulhas pun mengaku rutin melaporkan hasil rapat PAN kepada Jokowi, salah satunya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pilkada 2024 yang digelar PAN pada 9-11 Mei 2024 .

“Saya kan selalu menyampaikan PAN ini, Pak Jokowi itu keluarga kami. PAN ini keluarganya Pak Jokowi. Jadi kami sudah, kami hubungannya, PAN ini menganggap Pak Jokowi itu ya keluarga kita,” jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi saat ini tidak lagi bernaung dalam partai politik, setelah PDI Perjuangan (PDIP) tak lagi menganggapnya sebagai kader.

Jokowi sendiri hingga kini belum memutuskan parpol baru yang akan menjadi tempatnya berlabuh setelah pensiun sebagai presiden.

“Akan berlabuh di pelabuhan,” kata Jokowi kepada wartawan di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut merespons pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah tidak dianggap sebagai kader PDIP usai mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Bahwa Pak Jokowi itu dekat dengan Partai Golkar, dan kedua Pak Gibran itu mendapatkan mandat dari Partai Golkar melalui mekanisme Rapimnas resmi,” kata Airlangga kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

“Jadi, bagi kami Pak Jokowi dan Mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya formalitasnya saja,” tutur Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengatakan, partainya sangat terbuka terhadap Jokowi yang sudah dianggap sebagai kader terbaik bangsa.

“Tentu Partai Golkar selalu terbuka terhadap kader-kader terbaik bangsa ini, dan jelas Pak Presiden, Pak Jokowi adalah kader terbaik bangsa yang sudah bersama Partai Golkar di dalam dua periode beliau,” tegasnya. (*)

 



Baca Juga