Rabu, 17 Jul 2024
Politik

Ganjar Pesimis Hak Angket Berjalan Mulus, Anies: Tidak Perlu Terburu-buru

EKSPOS – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memprediksi usulan hak angket DPR untuk menyelidiki kecurangaan Pemilu 2024 tidak akan berjalan mulus. Sebab ada dinamika politik dan butuh proses panjang.

“Sebuah proses yang cukup panjang. Dan saya kira nanti tidak berjalan mulus-mulus saja,” kata Ganjar saat membuka diskusi “Demos Festival bertajuk Omon-Omon Soal Oposisi” secara virtual, Sabtu (9/3/2024).

Mantan anggota DPR RI itu pun memperkirakan anggota parlemen ada yang setuju dan tidak setuju atas bergulirnya hak angket.

“Karena pasti ada cerita yang setuju dan tidak setuju dan kemudian dibikin cerita-cerita yang makin meriah agar hak angket berjalan atau tidak berjalan,” ucap Ganjar.

Dia juga menilai akan ada manuver politik terkait hak angket DPR. Namun pihaknya telah menyiapkan skenario tersebut.

“Sebuah politik interplay akan terjadi, dan kami akan menyiapkan itu semua,” tandasnya.

Sekadar informasi, sejumlah anggota dewan telah mendorong agar DPR RI menggulirkan hak angket. Hal itu terlihat dari Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (5/3/2024). 

Sedikitnya ada tiga fraksi DPR RI yang mengusulkan hak angket DPR yakni Fraksi PDIP, PKS dan PKB.

Sementara itu, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan angkat bicara terkait wacana hak angket yang sedang bergulir di DPR RI. Anies baswedan menyebut hak angket tidak perlu terburu-buru lantaran hingga kini penghitungan suara masih berlangsung di KPU.

Meski demikian, Anies mengatakan dirinya sering melakukan pertemuan dengan berbagai pihak terkait temuan-temuan pada Pilpres 2024. (*)

 



Baca Juga