Rabu, 17 Jul 2024
Pendidikan

In House Training (IHT) Sekolah Penggerak Di SMPN 38 Bandar Lampung

(EKSPOSNUSANTARA.COM) – SMPN 38 Bandar Lampung sebagai salah satu Sekolah Penggerak yang ada di Bandar Lampung mengadakan “Kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka”. 

Kegiatan IHT ini dibuka langsung oleh Kepala SMPN 38 Bandar Lampung, Hj. Maya Trisia Wardani, S.Si., MM, Senin (10/7/2023).

Menurut Hj. Maya, kegiatan tersebut akan berlangsung lima hari ke depan dan akan diikuti oleh seluruh dewan guru.

“Materi pertama diawali oleh Kepala Sekolah, yaitu Orientasi Program Sekolah Penggerak. Nantinya akan disampaikan apa dan bagaimana tujuan dari sekolah penggerak,” terang Hj. Maya.

Disebutkan juga bahwa sekolah penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia.

Setelah Orientasi PSP, materi selanjutnya adalah Refleksi Pembelajaran Kurikulum Merdeka yang dipaparkan oleh Tanti Yunida, S.Pd.Gr, dengan mengutip pernyataan Ki Hajar Dewantara, yaitu “Memberi ilmu demi kecakapan hidup anak dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup, baik bermasyarakat maupun berbudaya”.

Selain itu, juga akan merefleksi kembali tentang alasan kurikulum perlu diadaptasi.

Kegiatan IHT yang dilaksanakan hari pertama itu juga membahas mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pembelajaran PMM disampaikan oleh Meisyi Ardina, S.Pd. Dimana menurutnya Kemendikbudristek telah resmi meluncurkan PMM, yang aplikasinya dapat login di gawai Android dan laman situs https://guru.kemendikbud.go.id/.

Platform Merdeka Mengajar dapat menjadi teman bagi guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya.

Dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, Kemendikbud melalui BGP di setiap provinsi memberikan pembekalan kepada komite pembelajaran (pengawas, kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru BK) untuk nantinya dapat memberikan pengimbasan kepada rekan guru, baik di sekolahnya maupun sekolah lainnya.

“Pelaksanaan IHT di SMPN 38 Bandar Lampung merupakan tindak lanjut dari kegiatan ini,” jelas Hj. Maya. (*)



Baca Juga