Minggu, 14 Jul 2024
Pendidikan

Dies Natalis FISIP UI: 56 Tahun Perjalanan FISIP UI untuk Negeri

EKSPOS – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), memasuki usia yang ke-56 pada 1 Februari 2024. Tahun ini, Dies Natalis FISIP UI, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terbaik di Indonesia tahun 2023 menurut EduRank ini mengangkat tema “56 Tahun Perjalanan FISIP UI untuk Negeri”.

“Sebagai salah satu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terbaik di negeri ini, dalam 56 tahun kiprahnya, kami bangga dan bersyukur bahwa FISIP UI telah menorehkan prestasi-prestasi terbaik dan juga berkontribusi melalui pemikiran, kepemimpinan, kerja, karya dan pengabdian kepada masyarakat luas melalui berbagai bidang,” ujar Dekan FISIP UI, Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto, di Depok, Senin (19/2/2024).

Perayaan Dies Natalis ke-56 tahun ini akan menjadi momen peneguhan dan apresiasi atas segala kiprah para civitas akademika FISIP UI serta dibarengi dengan usulan dan harapan FISIP UI kepada pemerintahan baru. Nilai-nilai pada tema ini diwujudkan dalam bentuk berbagai kegiatan yang telah berlangsung dari tanggal 29 Januari hingga puncaknya pada 23 Februari, yaitu Seminar Riset Unggulan, Seminar Kebijakan, Orasi Ilmiah, Panggung Gembira serta pertandingan olah raga.

Pada Seminar Riset Unggulan yang berlangsung pada 20 Februari 2024, para peneliti dan dosen FISIP UI akan memaparkan berbagai riset unggulan mutakhir yang dilaksanakan oleh berbagai Departemen dan Lembaga di FISIP UI.

Topik yang disajikan pada seminar yang dilangsungkan mulai pukul 8.30 hingga 18.00 ini adalah: Kolaborasi Komunitas dalam Menangani Penyebaran Informasi Palsu Pasca Pandemi Covid-19: Studi di Bali dipaparkan oleh Prof. Dr. Donna Asteria (Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI), Memahami Keterlibatan Kaum Muda dalam Isu Iklim dan Lingkungan Hidup di Indonesia oleh Wenny Wandasari (Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak FISIP UI), Kajian Asia: Sebuah Pelajaran dari Indonesia oleh Dr. Inaya Rakhmani (Asia Research Center FISIP UI), Riset Kolaboratif Etnografi Multi-Media: Tata Kelola Kebakaran Hutan oleh Masyarakat Adat oleh Sri Paramia Budhi Utami, M.A (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik FISIP UI), Studi Sikap Publik Terhadap Penerapan Keadilan Restoratif di Indonesia oleh Dr. Ni Made Martini Puteri (Departemen Kriminologi FISIP UI) dan Pedoman Pengelolaan Geopark Site Berkelanjutan Secara Sosial, Budaya, Ekonomi dan Ekologi oleh Dr. Dra. Johanna Debora Imelda, M.A (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI).

Sedangkan Seminar Kebijakan dilangsungkan selama 2 (dua) hari pada 21 dan 22 Februari mulai pukul 08.00 hingga 15.00 di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI. Seminar Kebijakan akan dibuka oleh Dekan FISIP UI, Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto dengan opening remarks yang bertema “Indonesia’s Narrowing Path to Prosperity: Tough Political & Economic Choices for Hard Times.”

Pada sesi 1 hari pertama akan dibahas mengenai “Memerangi Kejahatan Dunia Maya di Ruang Digital” dengan para pembicara: Brigjen Pol. Dr. Himawan Bayu Aji (Direktur Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri); Muhammad Arif (Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia); Reni Kartikawati, M.Krim (Dosen Kriminologi FISIP UI) dan M. Zulkifli Salim, Ph.D (Deputi Direktur Digitalisasi Pusat Keuangan dan Transformasi Perbankan OJK).

Sesi kedua akan membahas mengenai “Cyber Security: Ancaman Global Tahun 2024 dan Perlindungan Terhadap Kelompok Rentan” dengan para pembicara Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian (Kepala Badan Siber dan Sandi Negara); Jamalul Izza (Ketua The Great Indonesia Internet Foundation); Prof. Adrianus Meliala (Guru Besar Kriminologi dari FISIP UI) dan Elysabeth Damayanti (OVP Cyber Security, PT Telkom Indonesia, Tbk).

Di hari kedua Seminar Kebijakan, sesi pertama akan membahas mengenai “Indonesia Outlook Post 2024” dengan para pembicara Rahmat Bagja (Ketua Bawaslu RI); Prof. Valina Singka, (Guru Besar Ilmu Politik dari FISIP UI); Letjen TNI (Purn) Bambang Darmono (Sekretariat Jenderal Forum Komunikasi (Foko) Purnawirawan TNI/Polri) dan Alexandra Askandar, (Deputi Presiden Direktur PT Bank Mandiri (Persero), Tbk).

Sesi kedua akan membahas mengenai “Risiko dan Peluang Pertambangan pada Tahun 2024: Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola” dengan para pembicara: Dr. Julian Ambassadur Siddiq (Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)); Prof. Gumilar R. Somantri (Komisaris Independen PT Antam Tbk., Guru Besar Sosiologi FISIP UI) ; Suraya A, Affif, Ph.D Dosen Senior/Peneliti pada Pusat Kajian Antropologi FISIP UI); Dany Amrul Ichdan (Vice President Director Mining Industry Indonesia (MIND.ID)) dan Agoes Projosasmito (Vice President Director PT Bumi Resources, Tbk).

FISIP UI, yang berada pada peringkat Asia ke-76 dan peringkat dunia ke-606 tahun 2023 menurut EduRank ini juga akan menyelenggarakan Orasi Ilmiah Dies Natalis FISIP UI ke-56 pada hari Jumat, 23 Februari. Orasi Ilmiah akan dipaparkan oleh Prof. Dr. Donna Asteria (Guru Besar Ilmu Komunikasi dari FISIP UI) dan Dr. Geger Riyanto (Dosen Antropologi FISIP UI).

Rangkaian acara Dies Natalis FISIP UI akan ditutup dengan panggung gembira pada 23 Februari, yang akan diisi dengan pentas kesenian yang ditampilkan oleh tiap-tiap Departemen dan Unit Kerja di lingkungan FISIP UI. Selain itu, sebelumnya FISIP UI juga telah menyelenggarakan pertandingan olah raga yang merupakan tradisi tahunan yang melibatkan warga FISIP UI. Tahun ini, cabang olah raga yang dipertandingkan adalah bola voli dan tenis meja. (*)

 



Baca Juga