Rabu, 17 Jul 2024
Opini

Kita Beruntung Pernah Dipimpin Presiden Joko Widodo

Oleh Luhut Binsar Pandjaitan

Memulai karir sebagai Letnan dua dari Korps Baret Merah, saya banyak mengenal tipe-tipe para komandan terdahulu. Apalagi sebagai seorang perfeksionis, saya punya kriteria sendiri pemimpin seperti apa yang layak diteladani. Bagi saya, Joko Widodo adalah salah satu figur pemimpin teladan itu.

Ucapan saya ini bukan tanpa alasan. Empat tahun silam, kita semua mengetahui dan mengalami sendiri bagaimana suramnya badai pandemi Covid-19. Saya mengibaratkannya seperti perjalanan panjang di dalam hutan belantara yang gelap tanpa penunjuk arah. Sebagai orang yang pernah diberi tugas khusus oleh beliau, saya bersaksi bahwa penugasan itu adalah pekerjaan tersulit yang pernah saya alami.

Ada pepatah mengatakan bahwa karakter asli seseorang akan muncul ketika ia mendapatkan ujian. Saya mengamini hal tersebut. Saya menyaksikan sendiri bagaimana beliau tetap tenang dalam setiap proses pengambilan keputusan di saat pandemi lalu, meskipun banyak masukan dan usulan dari berbagai pihak. Memberikan arahan dengan baik dan cermat dengan satu semangat, kepentingan rakyat banyak harus diutamakan di atas segalanya. Karena itulah, saya pernah katakan kepada beliau “Bapak seharusnya masuk Kopassus.”

Dengan karakter kepemimpinan yang kuat seperti itu, tak heran jika beliau jadi sosok yang dicintai oleh rakyatnya, sekaligus tak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Bahkan oleh para pemimpin dunia, baik negara maju maupun berkembang. Alih-alih diatur, mereka malah sangat “respect” dan memuji gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Saya kira karakter seperti inilah yang mutlak perlu diteladani oleh pemimpin Indonesia selanjutnya, dan juga dicontoh oleh generasi muda penerus bangsa di masa depan.

Selamat ulang tahun ke-63 Presiden Joko Widodo. Semoga Tuhan YME memberikan anda berkat usia, kesehatan, serta kecintaan yang mendalam kepada tanah air. Sehingga bisa terus mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara ini, dimanapun dan apapun posisi yang anda ambil nanti. Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan legacy berharga untuk perjalanan bangsa ini menuju visi besar Indonesia Emas 2045. (*)

 



Baca Juga