Selasa, 16 Jul 2024
Olahraga

Obsesi Shin Tae-yong Terbangkan Garuda Muda Ke Olimpiade Paris 2024

EKSPOS – Semangat pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menerbangkan Garuda Muda ke Olimpiade Paris 2024 menjadi obsesi tersendiri.

Apalagi Indonesia sudah lama tidak tampil di ajang empat tahunan itu, terakhir kali berpartisipasi pada tahun 1956.

Tantangan tak mudah bagi Shin Tae-yong untuk membawa timnas U-23 Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu akan dihadapkan oleh Uzbekistan yang sejauh ini penampilan mereka di Piala Asia U-23 2024 impresif. Kendati sebelumnya sukses melewati grup neraka dan bertemu dengan lawan tangguh Timnas Korea Selatan U23.

Laga semifinal antara timnas U-23 Indonesia melawan Uzbekistan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Diketahui, Uzbekistan belum sekalipun kebobolan sejak babak penyisihan, terakhir mereka mengalahkan tim kuat Arab Saudi di perempat final dengan skor 2-0.

“Saya merasa menyesal, sebenarnya saya tidak tahu tentang Indonesia yang berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya, dan saya mendengar sebelum Olimpiade terakhir di Melbourne (1956) terjadi 68 tahun yang lalu,” ujar Shin Tae-yong saat konferensi pers sebelum laga semifinal, Minggu (28/4/2024).

“Tapi bagaimanapun, untuk kali ini saatnya Indonesia ikut serta di pentas Olimpiade,” ujarnya optimis.

“Saya tidak tahu tekanan besar yang saya nikmati saat ini untuk menantang dan kemudian saya akan memiliki momen bahagia bersama para pemain,” ungkap Shin Tae-yong.

“Jadi kali ini saya akan membawa tim Indonesia ke pentas Olimpiade,” ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Jika timnas U-23 Indonesia menang atas Uzbekistan, mereka akan lolos ke Olimpiade

Akan tetapi jika kalah, Garuda Muda harus melawan Wakil Konfederasi Sepak Bola Afrika, yakni Guinea di play-off untuk lolos ke Paris.

Di sisi lain, pelatih Uzbekistan Timur Kapadze menyadari timnas U-23 Indonesia akan memberikan perlawanan sengit dan cukup merepotkan, lantaran kerjasama timnas garuda dianggap solid dan terjaga.

Namun ia mengatakan telah menyiapkan cara untuk meredam perlawanan Garuda Muda meski timnya perkasa dan belum kebobolan.

“Jadi setiap laga di turnamen ini bakal berjalan sulit untuk kita,” ujar Timur Kapadze saat konferensi pers.

“Pada laga terakhir kita harus bersusah payah menghadapi Arab Saudi,” tambah dia.

“Saat ini kami menghadapi Indonesia yang sudah menanti untuk memberi perlawanan sulit pada tim kami, tetapi kami sudah siap dengan strategi dan sudah mempersiapkannya dengan baik,” ujarnya.

Diketahui, penampilan timnas U-23 Indonesia dari babak penyisihan grup terus meningkat.

Bahkan setelah kalah dari Qatar 0-2, Marselino Ferdinan dkk mampu mengalahkn tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1), terakhir Korea Selatan lewat adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain imbang 2-2. (*)

Prediksi Susunan Pemain Timnas U-23 Indonesia Vs Uzbekistan

Timnas U-23 Indonesia:

Ernando Ari; Justin Hubner, Rizky Ridho, Komang Teguh; Pratama Arhan, Fajar Fathurrahman, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka.

 



Baca Juga