Selasa, 23 Jul 2024
Olahraga

Laga Indonesia vs Irak Bakal Panas dan Sengit, Timnas U-23 Janjikan Kemenangan

 

EKSPOS – Pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 disebut-sebut bakal berlangsung panas dan sengit, sekaligus menjadi ajang ketangguhan dan pembuktian kedua kesebelasan untuk lolos ke ajang Olimpiade Paris 2024.

Pertandingan kedua kesebelasan yang akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam WIB, akan menyita perhatian penduduk kedua negara.

Diketahui Indonesia U-23 gagal melangkah ke final Piala Asia U-23 usai dikalahkan Uzbekistan dengan skor 0-2. Sementara Irak U-23 mengalami nasib serupa dikalahkan Jepang dengan skors 2-0.

Dalam konferensi pers jelang laga melawan Irak, Shin Tae-yong menuturkan bahwa peran pelatih sangat penting dalam memulihkan mental pemain.

“Meski kami mencoba yang terbaik di laga lawan Uzbekistan, kami pada akhirnya kalah dan tentu saja mental pemain terpengaruh karena kekalahan ini. Tapi kami sudah memulihkan diri dan membangkitkan mental pemain,” kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengaku telah melakukan yang terbaik untuk anak asuhnya agar melupakan kekalahan atas Uzbekistan.

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan memastikan Timnas Indonesia U-23 sudah menjalani persiapan matang untuk bisa mengalahkan Irak.

“Jadi, saya coba yang terbaik untuk melakukan itu. Tapi bisa saya pastikan persiapan kami sudah matang, dan kami akan menyambut laga lawan Irak nanti dengan semangat yang positif,” ungkapnya.

Pertandingan Indonesia vs Irak merupakan kesempatan emas untuk Indonesia U-23 lolos secara otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Kendati misalnya skenario itu tak berjalan sesuai rencana, Skuad Garuda Muda masih punya satu kesempatan untuk tampil di event empat tahunan tersebut melalui jalur playoff melawan Guinea pada 9 Mei mendatang.

Pada pertandingan perebutan tempat ketiga antara Indonesia U-23 vs Irak U-23 akan dilangsungkan mulai pukul 22.30 WIB nanti malam.

Dalam pertandingan ini, ada satu pemain timnas U-23 Indonesia yang dipastikan absen.

Pemain tersebut adalah Rizky Ridho yang merupakan kapten timnas U-23 Indonesia.

Rizky Ridho sebelumnya mendapatkan kartu merah saat timnas U-23 Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Senin (29/4/2024).

Kemungkinan besar pengganti Rizky Ridho adalah Komang Teguh.

Komang Teguh merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah dan saat ini bisa dibilang sebagai top skor timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Sejauh ini, bek Borneo FC itu sudah mencetak dua gol untuk timnas U-23 Indonesia.

Adapun dua gol itu dilesatkan Komang Teguh saat melawan Australia dan Yordania.

Sebenarnya, jumlah gol Komang Teguh sama dengan Marselino Ferdinan dan Rafael Struick.

Akan tetapi sebelum Piala Asia U-23 2024 dimulai, Komang Teguh berhasil mencetak gol ke gawang Arab Saudi dalam laga ujicoba di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 5 April 2024. Total sudah tiga gol dilesatkan Komang, baik dalam persiapan dan Piala Asia U-23 2024.

Timnas Ineonesia U-23 melalui pemain Rio Fahmi menjanjikan kemenangan atas Irak kepada masyarakat Tanah Air.

Rio Fahmi ingin timnas U-23 Indonesia mengalahkan Irak demi mengamankan tiket ke Olimpiade 2024.

“Kami berjanji kepada masyarakat Indonesia bahwa kami bisa menang besok, dan kami akan berjuang keras untuk itu,” tandasnya optimis.

Selain itu, lanjut dia, bagi para pemain Timnas kemenangan nanti malam adalah kemenangan dalam mengukir sejarah untuk bangsa Indonesia.

“Dan jika kami mendapat tiket ke Olimpiade, jelas itu akan membuat kami dan orang Indonesia bangga,” ucapnya. (*)

 



Baca Juga