Minggu, 14 Jul 2024
Nasional

Nusantara Airport Ditetapkan Jadi Nama Bandara IKN

EKSPOS – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menentukan nama untuk Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Kemarin Pak Presiden sudah menetapkan namanya, Nusantara Airport, titik,” kata Budi di Hotel Alana, Sleman, DIY, Rabu (12/6/2024).

Dikatakan Budi, bandara di IKN rencananya mulai beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang.

“Jadi kalau lapangan terbang, kita akan siapkan tanggal 1 Agustus sudah mulai berfungsi,” terang Budi.

Dalam memastikan kesiapan atau beroperasinya Nusantara Airport, lanjut Budi, adalah satu dari empat tugas yang diberikan kepada Kemenhub. Adapun tugas kedua Kemenhub adalah menyiapkan fasilitas kereta api tanpa rel di ibukota baru.

“Yang kedua saya mendapat tugas untuk memberikan fasilitas kereta api tanpa rel, itu akan mengelilingi IKN sepanjang 7 km,” jelas Budi.

Bahkan, tambah Budi, tugas Kemenhub berikutnya adalah mengkoordinasikan pemakaian kendaraan listrik atau EV di IKN. Baik untuk kepentingan komersial maupun individu.

Tugas keempat, lanjut dia, yakni melaksanakan program buy the service atau penyediaan angkutan berkualitas, terkendali dan mampu memberikan layanan secara responsif untuk sektor pariwisata.

“Yang keempat adalah untuk mengapresiasi atau memberikan wisata bagi masyarakat, kami juga akan memberikan buy the service dan juga melibatkan swasta Pinisi di teluk Balikpapan tersebut,” ungkapnya. (*)

 



Baca Juga