Rabu, 17 Jul 2024
Nasional

Menhan Prabowo Lantik 2.497 Personel Komponen Cadangan (Komcad) 2023

 

EKSPOSNUSA – Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto resmi melantik 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad). Pelantikan tersebut dilakukan dalam upacara penetapan Komcad di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jumat (11/8/2023).

Dalam pidatonya saat menjadi Inspektur Upacara, mantan Danjen Kopassus tersebut membawa 10 amanat pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bersifat petunjuk untuk personel Komcad, salah satunya terkait pengembangan kemampuan sumber daya manusia yang unggul hingga modernisasi alutsista untuk ketiga matra.

“Kita harus terus mengembangkan kemampuan dan pertahanan negara, menyiapkan SDM unggul tangguh dan patriotik, serta modernisasi alutsista ketiga matra,” tukas Menteri Pertahanan RI ini.

Selain itu, lanjut Prabowo, pertahanan sebuah negara tidak cukup hanya dilakukan oleh militer konvensional, tetapi menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membela bangsa dan negara.

Mantan Pangkostrad ini menambahkan, konsep kesemestaan harus diterapkan dengan meningkatkan setiap warga negara sebagai Komcad yang nantinya dapat dimobilisasi sewaktu-waktu untuk kepentingan pertahanan negara.

“Kita sudah memiliki Komcad dari tiga matra untuk strategi pertahanan memperkuat kapasitas komponen utama, baik untuk keadaan negara darurat militer atau perang,” tandas mantan Dankodiklat ini.

Diketahui, penetapan Komcad telah dilakukan sejak tahun 2021, di mana hingga tahun 2023 Indonesia telah memiliki sebanyak 8.574 personel. 

Sebelum dilantik menjadi Komcad, para personel terlebih dahulu menempuh pendidikan latihan dasar militer (latsarmil) selama tiga bulan.

Untuk angkatan tahun 2023, Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebelumnya telah membuka pendaftaran Komponen Cadangan sejak 2 Januari sampai 14 April 2023 untuk tiga matra, yakni matra darat, laut, dan udara.

Setiap matra dalam melaksanakan Latsarmil Komcad 2023 di tempat di lokasi yang berbeda.

Latsarmil Komcad Matra Darat dilakukan di Rindam I Bukit Barisan Sumatera Utara, Rindam IX/Udayana Bali, Rindam XIII/Merdeka Sulawesi Utara, dan Rindam XVII/Kasuari Papua Barat.

Kemudian, Latsarmil Komcad Matra Laut dilaksanakan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) di Surabaya, Jawa Timur. Sementara Latsarmil Komcad Matra Udara dilaksanakan di Wingdik 800/PASGAT di Bandung, Jawa Barat.

Merujuk pada UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

 

Komcad adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019. Sehingga Komcad sendiri bukanlah wajib militer. Setelah dilatih dan ditetapkan, mereka kembali ke masyarakat sesuai profesi masing–masing dengan status sebagai orang sipil.

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara sebagai komponen cadangan militer. (*)

 



Baca Juga