Rabu, 17 Jul 2024
Nasional

Kendati Suara Sementara Jeblok, Ganjar Belum Melihat Kekalahan

EKSPOS – Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan belum melihat kekalahan dalam Pilpres 2024. Menurutnya, penghitungan suara real count KPU RI saat ini masih terus berlanjut.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat mengunjungi rumah Butet Kartaredjasa di Bantul, Yogyakarta, Sabtu (17/2).

Ganjar menegaskan, KPU RI belum mengumumkan secara resmi pemenang Pilpres 2024.

“Wo, ini bukan cerita ikhlas atau tidak. Satu, penghitungan belum selesai, belum ada, kan? Aturan kita kan menunggu pengumuman KPU kira-kira 35 hari setelah penghitungan, berarti kira-kira 30 Maret, kita tunggu saja,” kata Ganjar, Minggu (18/2/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu masih optimistis dengan perolehan suara pada Pilpres 2024. Ia mengutarakan, pihaknya juga tengah menghitung secara internal keseluruhan suara pada Pilpres 2024.

“Saya kira semua masih akan berjalan, pasti masing-masing paslon akan mengumpulkan rekap C1 juga belum 100 persen. Menurut saya, biasa saja,” ucap Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar menekankan dirinya belum melihat adanya kekalahan pada pesta demokrasi 2024. Ganjar pun meminta pendukungnya mengikuti proses yang sedang berjalan saat ini.

“Saya belum melihat kekalahan, yang belum ada adalah rekapnya,” tukas dia.

Seperti diketahui, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat suara paling rendah pada Pilpres 2024. Berdasarkan hasil real count KPU RI, pada Minggu (18/2), Ganjar-Mahfud hanya mendapat suara 17,57 persen secara nasional.

Ganjar-Mahfud menempati urutan bontot dari dua rivalnya. Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paling unggul, dengan meraih suara 57,95 persen. Disusul pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 24,48 persen. (*)

 



Baca Juga