Selasa, 23 Jul 2024
Nasional

Ganjar Tegaskan Tidak Akan Bergabung Pemerintahan Prabowo – Gibran

EKSPOS – Mantan calon presiden Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD menegaskan dirinya akan berada di luar pemerintahan Prabowo – Gibran.

Namun, menurut Ganjar, pernyataannya soal menjadi oposisi pemerintahan Prabowo -Gibran merupakan pendapat pribadi. Karena pernyataan tersebut, kata Ganjar, tidak mewakili Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP yang menaungi dirinya.

“Iya kan memang saya menyatakan, ‘Saya Ganjar Pranowo tidak akan di pemerintah’. Kan (itu pernyataan) saya pribadi sebagai capres,” kata Ganjar di Jakarta, Rabu, (8/5/2024).

Kendati dirinya merupakan kader partai berlambang banteng moncong putih, Ganjar menegaskan keputusan partainya untuk berada di dalam atau luar pemerintahan sebagai oposisi akan diputuskan dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada akhir Mei 2024.

“Meskipun saya diusung oleh partai, tetapi pernyataan saya kemarin memang pernyataan sebagai pribadi. Kalau partai kan nanti akan memutuskan pada saat rakernas akhir bulan (Mei),” ujar Ganjar.

PDI Perjuangan dijadwalkan menggelar rakernas pada tanggal 24 hingga 26 Mei 2024. Rakernas itu akan menjadi momentum arah politik PDI Perjuangan pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

Hingga saat ini PDI Perjuangan belum mengeluarkan sikap politik untuk pemerintahan baru, meskipun Ganjar Pranowo sudah mendeklarasikan dirinya sebagai oposisi.

Ganjar mengaku akan tetap berpolitik di luar jabatan publik, sebab menurut Ganjar, ada banyak sektor yang dapat dikerjakan dan berkaitan dengan politik. (*)

 



Baca Juga