Selasa, 16 Jul 2024
Nasional

Di Makassar Prabowo Disesaki Lautan Massa Jalan Sehat Anti ‘Mager’

 

EKSPOSNUSA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hadir di tengah lautan massa Sulawesi Selatan (Sulsel) pada pembukaan pelaksanaan kegiatan jalan sehat anti “Mager” (Males Gerak), Minggu (6/8/2023).

Nampak ratusan ribu masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) antusias mengikuti kegiatan jalan sehat untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-354 Provinsi Sulawesi Selatan dan Dirgahayu Republik Indonesia (RI) ke-78.

Kegiatan ini juga bagian dari upaya Pemerintah provinsi (Pemprov) untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan melangkah 10 ribu langkah atau 5 kilometer setiap hari.

Ratusan ribu masyarakat Makassar sudah datang berbondong-bondong memenuhi jalan depan Rumah Dinas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak Pukul 05.00 WITA pagi.

Kegiatan Jalan Sehat tersebut dibuka oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, didampingi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Staf Khusus Menhan Sjafrie Syamsuddin, Wakil Ketua Komisi V DPR Iwan Darmawan Aras, Ketua Umum Sahabat Rakyat Indonesia Sukriansah S. Latief, sejumlah kepala daerah, dan berbagai tokoh masyarakat di Sulsel.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman menuturkan, kegiatan jalan sehat ini dihadiri kurang lebih 450 ribu masyarakat Sulsel.

Jalan sehat sejauh 5 kilometer itu mengambil rute dari Rumah Dinas Gubernur Provinsi Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Haji Bau, Jalan Sombs Opu, Jalan Penghibur, Jalan Ujung Pandang, Jalan Riburane, dan berakhir kembali di Rujab Gubernur Sulsel. 

“Jadi lima kilometer itu sama dengan 10 ribu langkah. 10 ribu langkah ini cukup turunkan (berat badan), ya kira-kira kalau satu hari itu ya sekitar 2-3 mangkok coto,” canda Gubernur Andi Sudirman, saat menyapa warga dari panggung Sulsel Anti Mager, di Makassar, Sulsel, Minggu (6/8/2023).

Andi Sudirman lalu ikut memandu kegiatan jalan sehat ini. Sesekali, dia melempar sejumlah kaus warna putih bertema acara jalan sehat anti mager yang diikuti hampir setengah juta orang ini.

“Ini adalah Anti Mager terbesar yang kita selenggarakan dengan 450 ribu pendaftar secara online dan 75 ribuan offline,” ujar Gubernur Sulsel yang akan non aktif pada September mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur termuda di seluruh Indonesia ini juga memastikan kegiatan ini netral, bebas dari politik. Semua peserta yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan menggunakan kaos putih dari rumah.

“Semua di sini tidak ada yang berwarna-warna, kecuali yang tidak memiliki baju putih. Kalau tidak memiliki baju putih, boleh pakai ini,” tukas Gubernur seraya melempar belasan gulungan baju putih dari atas panggung.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Sudirman juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung kegiatan ini, diantaranya 2200 kepala desa se-Sulsel, Tim Drumband Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan TNI Angkatan Udara (AU) yang ikut serta menyukseskan kegiatan ini dengan mengirimkan tim penerjun Paramotor dan pesawat Sukhoi yang terbang dari atas lokasi kegiatan.

“Terima kasih kepada TNI AU atas supportingnya,” ucap dia.

Tak lupa, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga kepada Menhan Prabowo yang bersedia hadir sekaligus membuka jalan sehat ini.

“Alhamdulillah, Pak Prabowo hadir sebagai Menhan. Beliau masih muda. Cakepnya mirip-mirip saya,” canda Andi Sudirman yang kemudian mempersilakan Prabowo.

Sementara itu, Menhan Prabowo menyampaikan rasa bangga kepada masyarakat Sulsel yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Selamat pagi. Rakyat Sulawesi Selatan luar biasa. Luar biasa,” sapa Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini memutuskan menyampaikan pidato singkat di pembukaan Jalan Sehat Anti Mager ini. Dia hanya menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya telah diundang sekaligus membuka jalan sehat ini. 

“Saya bangga berada di sini, bangga berada di tengah-tengah rakyat Sulawesi Selatan. Saya sangat bangga dengan semangat saudara-saudara sekalian, pada kesetiaan saudara-saudara pada NKRI,” ujar Prabowo seraya terus tak henti-henti diteriaki “Prabowo Presiden!”. (*)

 



Baca Juga