Rabu, 17 Jul 2024
Kesehatan

Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

EKSPOS – Blueberry merupakan salah satu jenis buah beri yang paling populer. Buah super alias superfruit ini berasal dari Amerika Utara dan berkembang di wilayah subtropis seperti Eropa, Asia Timur, dan Kanada. 

Blueberry memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan anggur dan warnanya cenderung biru tua. Rasanya asam dan sedikit manis, hampir serupa dengan anggur merah dan hijau, tetapi sedikit lebih manis. 

Dilansir laman Healthline, blueberry mengandung kalori yang rendah dan memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah.

Jenis beri ini juga kaya akan senyawa antioksidan yang membantu tubuh melawan paparan radikal bebas yang bisa memicu peradangan.

Paparan radikal bebas menjadi penyebab paling umum sejumlah penyakit kronis seperti gangguan jantung, kanker, dan diabetes.

Diantara manfaat Blueberry untuk kesehatan dikutip dari laman Medical News Today, antara lain:

1. Menjaga kesehatan otak

Buah blueberry dapat menjaga kesehatan otak, termasuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kandungan antioksidan dalam buah beri ini dapat menekan hormon stres oksidatif.

Stres oksidatif dapat mempercepat proses penuaan otak yang berdampak negatif pada fungsi otak. Selain itu, buah blueberry juga mengaktifkan kembali neuron yang menua, sehingga dapat kembali aktif.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan dalam blueberry mampu mengatasi penumpukan lemak dan kerusakan pembuluh darah jantung. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat menurun.

Kandungan aktioksidan buah blueberry memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu melindungi pembuluh darah untuk mencegah kekakuan arteri. Sedangkan serat pada blueberry dapat mengurangi jumlah total kolesterol dalam darah. 

Kandungan kolesterol yang tinggi menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Sementara vitamin B6 dan folat dalam blueberry dapat membantu mencegah penumpukan senyawa homosistein. 

Penumpukan homosistein berlebih dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan aktioksidan dalam buah blueberry sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Keduanya mampu merangsang pembentukan kolagen kulit.

Konsumsi blueberry secara rutin dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, dan kerusakan akibat paparan sinar UV.

4. Mencegah kanker

Vitamin C, vitamin A, dan berbagai fitonutrien dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat. Kandungan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kanker.

Antioksidan mampu menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Antioksidan juga dapat memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker seperti kerongkongan, paru-paru, endometrium, prostat, pankreas, dan usus besar.

5. Meredakan kerusakan otot dan tulang

Buah blueberry juga dapat meredakan kerusakan otot, terlebih setelah berolahraga. Dalam Journal of The International Society of Sports Nutrition, terdapat penelitian yang mengikutsertakan 10 atlet wanita.

Hasilnya, asupan blueberry mampu mempercepat pemulihan otot setelah latihan kaki yang berat. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, zat besi, magnesium, hingga fosfor.

Mengonsumsi blueberry bisa membantu mengoptimalkan kesehatan tulang.

6. Menjaga kesehatan mata

Buah blueberry mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu mengoptimalkan kesehatan mata. Terpenuhinya antioksidan membuat aliran darah dan oksigen menuju mata, semakin meningkat.

Hal ini membuat seseorang terhindar dari penyakit mata, seperti katarak atau degenerasi makula.

7. Mencegah diabetes

Sebuah studi besar yang diterbitkan di jurnal BMJ menemukan beberapa buah yang dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Ditemukan bahwa konsumsi tiga porsi blueberry setiap minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga tujuh persen.

8. Membantu turunkan berat badan

Serat pada blueberry dapat membantu turunkan berat badan. Asupan serat sangat penting untuk membuat tubuh tetap merasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. 



Baca Juga