Selasa, 16 Jul 2024
Kesehatan

Ibu Muda Melahirkan Bayi Kembar 5: 4 Perempuan 1 Laki-laki

EKSPOS – Nuraeni (32), ibu muda warga Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melahirkan bayi kembar lima, Senin (8/7/2024). Kelima bayi kembar itu lahir dalam kondisi sehat. 

Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonny Koswara mengatakan, kelima bayi kembar itu empat di antaranya berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki. Proses persalinan melalui operasi caesar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu, pada Minggu (8/7/2024).

Menurut penutupan Deden, pasien bersalin tersebut merupakan rujukan dari Puskesmas Kerticala. Nuraeni datang ke RSUD Indramayu pada pukul 15.00 WIB bersama Bidan pendamping dari puskesmas tersebut.

“Kemudian kami melakukan pemeriksaan, dan oleh tim medis kami pada saat dilakukan USG didapati ada empat bayi yang terdeteksi oleh USG,” jelas Direktur RSUD Indramayu ini, Senin (9/7/2024).

Kemudian pada pukul 15.30 WIB, lanjut Deden, keluar cairan ketuban dari sang ibu, sehingga tim medis RSUD Indramayu memutuskan untuk segera melakukan operasi caesar.

“Setelah kami melakukan persiapan, dilakukan operasi pada pukul 18.44 WIB dan selesai pukul 19.45. Alhamdulillah, hasilnya lima bayi berhasil kami selamatkan,” ungkap dia.

Deden menyampaikan, kelima bayi kembar tersebut lahir dalam kondisi prematur karena memiliki berat kurang dari 2.500 gram. Meski prematur, kelima bayi beserta sang ibu dalam keadaan sehat. 

“Bayi pertama hingga keempat berjenis kelamin perempuan, beratnya bervariasi antara 1.250 gram hingga 1.990 gram, dan bayi yang kelima berjenis kelamin laki-laki dengan berat 1.900 gram. Kondisi kelimanya prematur, karena berat badannya kurang dari 2.500 gram,” terangnya. (*)

 



Baca Juga