Selasa, 16 Jul 2024
Internasional

Iran Ultimatum : Negara yang Menghalangi Serangan Ke Israel Akan Dijadikan Target

EKSPOS – Yordania akan menjadi target Iran berikutnya jika bekerja sama dengan Israel di tengah serangan rudal dan drone Iran terhadap Israel.

Hal ini dilaporkan kantor berita semi-resmi Fars pada Minggu (14/4/2024) pagi.

Sebelumnya, dua sumber keamanan regional mengatakan jet Yordania menembak jatuh puluhan drone Iran yang terbang melintasi wilayah Yordania utara dan tengah menuju ke Israel.

Dilansir Al Arabiya, militer Iran menegaskan bahwa mereka memantau pergerakan Yordania selama serangan terhadap Israel.

Jika melakukan intervensi, maka Yordania akan menjadi target berikutnya. “Peringatan yang diperlukan telah diberikan kepada Yordania dan negara-negara regional lainnya sebelum operasi tersebut,” kata badan tersebut, yang dekat dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran. Menurut dua sumber regional, drone tersebut dijatuhkan di udara di Lembah Yordan sisi Yordania dan sedang menuju ke arah Yerusalem.

Dua sumber keamanan regional mengatakan pada Sabtu (13/4/2024) malam bahwa pertahanan udara Yordania siap mencegat dan menembak jatuh drone atau pesawat Iran yang melanggar wilayah udaranya. Mereka mengatakan tentara juga dalam keadaan siaga tinggi dan sistem radar memantau setiap aktivitas drone yang datang dari arah Irak dan Suriah.

Yordania sebelumnya mengatakan pihaknya menutup wilayah udaranya mulai Sabtu malam untuk semua pesawat yang masuk, berangkat, dan transit. Hal ini menurut para pejabat kepada Reuters adalah tindakan pencegahan jika terjadi serangan Iran melintasi perbatasannya.

Diberitakan Al Arabiya, kantor berita Fars melaporkan pada Minggu (14/4) bahwa seorang sumber militer dari Iran tengah memantau manuver Yordania dalam konflik Iran-Israel.

“(Militer Iran) dengan hati-hati memantau pergerakan Yordania selama serangan terhadap rezim Zionis, dan jika Yordania melakukan intervensi, maka Yordania akan menjadi target berikutnya,” ujar pejabat militer itu. (*)

 



Baca Juga