Rabu, 17 Jul 2024
Hukum

Besok KPK Garap Staf Pribadi Hasto Terkait Buronan Harun Masiku

EKSPOS – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap staf pribadi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, Rabu (19/6/2024) besok. Kusnadi akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan suap penetapan penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat mantan caleg PDIP, Harun Masiku. 

“Untuk (pemeriksaan) Kusnadi dijadwalkan besok Rabu,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto, Selasa (18/6/2024). 

Kendati demikian, Tessa belum dapat menjelaskan lebih dalam soal materi pemeriksaan. Saat disinggung soal penyidik akan mendalami HP Hasto yang disita, Tessa hanya menjelaskan bahwa Kusnadi akan diperiksa sebagai saksi.

“Diperiksa sebagai saksi. Untuk materi pemeriksaannya belum bisa disampaikan saat ini,” katanya.

Sebelumnya, KPK telah memanggil untuk memeriksa Kusnadi pada Kamis (13/6/2024) malam. Namun, Kusnadi tidak hadir lantaran baru menerima surat panggilan pemeriksaan pada Rabu (12/6/2024) malam. Di sisi lain, tim kuasa hukum Kusnadi menyebut kliennya masih trauma dengan peristiwa penyitaan gawai Hasto pada 10 Juni 2024 di KPK.

Saat itu, Kusnadi mengantarkan Hasto untuk diperiksa sebagai saksi.

Namun, tim penyidik memanggil Kusnadi dan menggeledahnya. Penyidik kemudian menyita tas dan HP Hasto yang sedang dibawa Kusnadi. (*)

 



Baca Juga