Minggu, 14 Jul 2024
Ekonomi

Harga Barang Kebutuhan Pokok Kembali Normal

EKSPOS – Sejumlah harga barang kebutuhan pokok (bapok) seperti beras, cabai dan bawang merah kembali normal.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas), dalam keterangannya seperti dikutip Antara, Selasa (30/4/2024).

“Kita lihat harga-harga tadi alhamdulillah bagus, beras sudah Rp12.000 per kilogram kata yang dagang, bawang sudah turun dari Rp75.000 jadi Rp65.000 per kilogram, cabai Rp 60.000 per kilogram, kalau terlalu murah, nanti petani bangkrut,” ujar Zulhas.

Menurut Zulhas, harga-harga yang mulai normal ini salah satunya disebabkan oleh distribusi bahan pokok yang sudah lancar usai libur Lebaran.

Bahkan, tambah Zulhas, ketersediaan untuk bawang merah juga mulai meningkat, setelah sempat terkendala karena banjir di wilayah Brebes, Jawa Tengah. Sementara untuk beras sudah memasuki masa panen raya sehingga ketersediaannya melimpah.

Kan saya bilang dulu, April itu panen raya, sekarang kalau mau cari beras lokal, ada banyak karena sudah panen. Tapi bulan lalu cari beras lokal belum ada, kan belum panen,” katanya.

Meski demikian, berdasarkan hasil pantauan Kementerian Perdagangan (Kemendag) hari ini, harga daging ayam ras turun drastis yakni Rp29.000 per kilogram, sedangkan harga yang ditetapkan pemerintah adalah Rp36.750 per kilogram.

“Yang terlalu murah itu ayam, Rp29.000 (per kilogram), enggak pernah segitu, terlalu murah,” ujar Zulhas. (*)

 



Baca Juga