Selasa, 16 Jul 2024
Daerah

Sesepuh Jawa Barat Letjen TNI (Purn) Solihin GP Wafat

EKSPOS – Tokoh atau sesepuh Jawa Barat Letjend TNI (Purn) Solihin GP (Gautama Purwanegara) alias Mang Ihin meninggal di Bandung pada Selasa dinihari 5 Maret 2024 pukul 03.08 WIB. Mantan Gubernur Jawa Barat yang juga pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) itu wafat di usia 97 tahun.

“Beliau meninggal di Rumah Sakit Advent Bandung,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi DPKLTS Taufan Suranto, Selasa (5/3/2024).

Taufan menginformasikan rencana pemakaman dari pihak keluarga besar. Solihin GP akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB.

Sebelumnya, jenazah akan dibawa ke rumah duka Jalan Cisitu Indah VI nomor 1 Dago Bandung sekitar pukul 07.00-08.00. Kemudian disemayamkan di Mako II Kodam III Siliwangi Jalan Sumbawa nomor 22 Bandung.

Solihin GP lahir di Tasikmalaya, 21 Juli 1926 dari pasangan Haji Abdulgani Poerwanegara dan Siti Ningrum. Diketahui almarhum berasal dari keluarga menak atau priyayi Sunda, dia berkesempatan sekolah hingga tingkat menengah tinggi di Tasikmalaya. Dari kisahnya di buku The Trouble Shooter, 80 Tahun Solihin GP, ​​dia menjadi pejuang semasa sekolah itu ketika Agresi Militer Belanda yang pertama pada tahun 1947.

Selain berperang melawan Belanda, Solihin ikut melawan pemberontakan PKI di Madiun 1948, kemudian DI/TII. Saat menjadi Asisten II Kodam Siliwangi, dia pernah dimarahi dan diludahi warga karena dianggap tidak karena menghadapi DI/TII yang mengorbankan masyarakat. Kejadian itu menjadi bagian dari evaluasi kekalahan tentara Siliwangi hingga strategi perangnya diubah menjadi perang rakyat semesta.

Solihin kemudian diangkat menjadi Gubernur Akabri Darat pada tanggal 15 Juli 1968 pada usia 42 tahun. Sebelum pensiun dari jabatannya, Presiden Suharto juga menunjuknya sebagai Gubernur Jawa Barat pada tahun 1970. Saat itu dia sempat bersaing untuk membangun daerah dengan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, utamanya di wilayah perbatasan sekitar Ibukota. (*)



Baca Juga