Selasa, 16 Jul 2024
Daerah

Resmi Dilantik, Pj. Gubernur Lampung Siap Teruskan Program Prioritas Presiden Jokowi

EKSPOS – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin resmi dilantik hari ini, Rabu (19/6/2024). 

Pelantikan tersebut berlangsung di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta dan disiarkan live lewat akun YouTube Kemendagri RI. 

Kehadiran Samsudin menjadi penanda melengsernya kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi periode 2019-2024. 

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat Gubernur Lampung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap Samsudin saat disumpah di kantor Kemendagri, Rabu (19/6/2024).

Beberapa waktu lalu sebelum pelantikan, Samsudin mengaku telah menyiapkan semua keperluan yang ditentukan oleh Kemendagri.

“Menyiapkan segala persiapan yang diperlukan sebagaimana yang diatur oleh Kemendagri,” jelas Samsudin.

Disinggung terkait langkah awal yang akan dilakukan setelah dilantik, Samsudin mengaku akan meneruskan program prioritas Presiden Joko Widodo yang telah dilaksanakan di Provinsi Lampung.

Adapun sejumlah program prioritas tersebut mulai pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, hingga pengendalian inflasi.

“Menyiapkan untuk meneruskan program prioritas Presiden yang telah dilaksanakan di Provinsi Lampung,” ujar Samsudin.

“Di antaranya, menurunkan angka kemiskinan ekstrem, menekan angka gagal tumbuh pada anak atau stunting, pengendalian laju inflasi, dan program lain yang telah tersusun di tahun anggaran 2024 ini,” jelasnya.

Terkait komitmennya dalam momen Pilkada 2024 di Lampung, Samsudin siap menjalankan tugas sesuai aturan dan regulasi yang berlaku.

Selain itu, ia akan berusaha merangkul semua pihak untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan kondusif, serta jujur dan adil.

“Setiap pelaksanaan (Pilkada) selalu berdinamika. Tapi insya Allah pelaksanaan Pilkada Lampung bisa berjalan kondusif,” pungkasnya.

Setelah dilantik di Kemendagri, Samsudin dijadwalkan bertolak ke Lampung pada Kamis (20/6/2024) pagi. (*)

 



Baca Juga