Rabu, 17 Jul 2024
Daerah

Polda Lampung Gelar Operasi Zebra Krakatau 2023 Mulai Tanggal 4-17 September

EKSPOS – Polda Lampung akan menggelar Operasi Zebra Krakatau 2023 guna meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik S.Sos.S.I.K, M.Si., dalam keterangan persnya, Sabtu (2/9/2023).

Menurut Kombes Umi, operasi Zebra Krakatau 2023 bertujuan untuk menciptakan kondisi Kamseltibcar lantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024.

“Kegiatan itu nantinya lebih mengedepankan peran edukatif dan persuasif serta humanis, dengan didukung penegakkan hukum lalu lintas secara Elektronik (ETLE Statis dan Mobile) dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” terang Kabid Humas Polda Lampung ini.

Kombes Umi mengatakan, terdapat beberapa sasaran prioritas pelanggaran yang akan ditindak selama operasi berlangsung. Diantaranya, berkendara melebihi kecepatan, tidak memakai helm dan sabuk pengaman, melawan arus, penggunaan handphone saat berkendara, serta berboncengan lebih dari satu orang.

“Penindakan pelanggaran mengedepankan sistem ETLE,” ungkapnya.

Dalam operasi zebra krakatau 2023 itu, lanjut Kombes Umi, akan melibatkan sebanyak 791 Personil seluruh jajaran Polda Lampung, untuk mewujudkan kamseltibcar lantas di wilayah Provinsi Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung ini juga menjelaskan, tujuan dari 0perasi Zebra Krakatau 2023 ini untuk mengurangi pelanggaran dan laka lantas, juga menyasar untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terbangunnya budaya tertib berlalu lintas, terkhusus dikalangan milenial, serta terciptanya situasi kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang pemilu 2024.

“Kami mengajak seluruh warga dan pengguna jalan untuk berperan aktif dalam mendukung Operasi Zebra Krakatau 2023 ini, demi terciptanya keselamatan berlalu lintas yang lebih baik di jalan raya,” pungkas mantan Kapolres Kota Metro ini. (*)

 



Baca Juga