Selasa, 16 Jul 2024
Daerah

Memohon Maaf, Ketua DPC PDIP Lampung Barat Kunjungi Kantor Muhammadiyah Lampung

 

EKSPOS – Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat Parosil Mabsus datang ke kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung.

Kedatangan mantan Bupati Lampung Barat itu bertujuan meminta maaf atas ucapannya yang viral dan menuai kecaman berbagai kalangan, beberapa waktu lalu.

“Saya manusia biasa yang tidak luput dari kekurangan dan kelemahan. Saya menyampaikan permohonan maaf, sekaligus meluruskan,” ujar Parosil, Selasa (15/8/2023).

Diketahui, Parosil sebelumnya menjadi pemateri dalam pendidikan dasar kader Nahdlatul Ulama (NU) di MTS Al-Hikmah Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Lambar, Minggu (6/8/2023).

Dalam video berdurasi 2 menit 7 detik tersebut, kader PDIP Lampung tersebut menyampaikan agar warga NU tidak masuk ke PAN dan PKS karena beda pemahaman.

“Yang pertama, PAN karena itu organisasinya Muhammadiyah. Kedua, PKS. Kalau yang lainnya monggo-monggo mawon,” ujar Parosil ketika itu.

Parosil mengaku kedatangannya ke kantor PWM Lampung untuk silaturahmi sekaligus meminta maaf.

“Jujur saya saya sampaikan, saya malu bisa begini. Padahal saya setiap kegiatan di pemerintahan paling pantang membedakan kelompok,” katanya.

Selain PW Muhammadiyah Lampung, Parosil juga berencana untuk datang ke markas PKS dan PAN.

“Kalau ke PKS besok lah, untuk PAN nanti menunggu teman-teman siap,” terangnya.

Sementara menurut Wakil Ketua PW Muhammadiyah, Fauzi Fattah, ucapan ajakan Parosil agar jangan bergabung dengan PAN karena berpaham Muhammadiyah dan PKS adalah sesuatu yang biasa saja.

Namun, lanjutnya, karena diucapkan di depan kader NU, hal itu seakan-akan bertolak belakang dan mengadu domba kader NU dan Muhammadiyah.

“Masalah yang sudah terlanjur yakni laporan IMM ke Polda Lampung, soal ini akan dibahas lebih lanjut,” tegasnya.

Menurut dia, Muhammadiyah itu kolektif kolegial. Setiap langkah harus berdasar keputusan bersama dan pleno.

“Jadi tidak boleh hanya diputuskan oleh seseorang, kendati itu ketua,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Fauzi Fattah menyerahkan buku yang berjudul “Moderasi Beragama Sudut Pandang Orang Muhammadiyah” sebagai bahan bacaan bagi Ketua DPC PDIP Lampung Barat tersebut. (*)

 



Baca Juga