Selasa, 16 Jul 2024
Daerah

Gubernur Samsudin Imbau ASN Jaga Netralitas dan Berharap Kontribusi Media

EKSPOS – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menegaskan bahwa kedudukan seorang Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik sesuai dengan Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023.

Oleh karena itu, Penjabat Gubernur Lampung ini menghimbau kepada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas dalam menghadapi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati. 

Samsudin mengatakan bahwa ASN harus senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya, menjaga agar ASN tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap menjunjung tinggi profesionalisme serta integritas sebagai pelayan masyarakat.

“Netralitas ASN merupakan pondasi utama dalam menjaga integritas dan keadilan dalam demokrasi kita,” ujar Samsudin saat menjadi pembina pada Apel di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Komplek Dinas Kantor Gubernur, Senin (24/6/2024).

Dalam kesempatan itu Samsudin juga berpesan kepada para ASN untuk selalu menjunjung tinggi kedisiplinan serta komitmen untuk bekerja dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

Menurutnya, kedisiplinan insan ASN mencerminkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Lampung. 

“Kita ini adalah pelayan masyarakat. Maka sudah selayaknya pada saat masyarakat membutuhkan kita, kita hadir terdepan untuk membantu masyarakat, mempermudah urusan masyarakat dan kita juga paham agama yang juga menganjurkan jangan sampai kita mempersulit urusan orang lain, itu ajaran agama dan peraturan pemerintah juga memerintahkan kepada kita, mengingatkan kepada kita agar kita pun melayani masyarakat sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Samsudin berharap kepada seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat bekerjasama, bersinergi, bahu membahu dengan penuh semangat dan kebersamaan untuk membangun Provinsi Lampung.

“Mari bekerjasama, mari bergandengan tangan untuk bekerja lebih baik lagi, lebih melayani lagi dan kita semua ASN terdepan dalam melayani masyarakat, semoga kita dapat bersinergi untuk menciptakan pembangunan di segala bidang, semoga Allah SWT memberi kekuatan kepada kita untuk melaksanakan tugas-tugas ini,” tuturnya.

Sebelumnya, saat berkunjung ke sejumlah kantor media, Pj. Gubernur Lampung Samsudin sangat berharap media berkontribusi mempublikasikan dan mengawal berbagai program pembangunan di Provinsi Lampung

“Yuk kita bergandengan tangan untuk mengawasi OPD-OPD yang ada di Provinsi Lampung ini. Awasi programnya kalau memang baik, saya mohon publikasikan. Kalau itu kurang baik, tolong mohon diingatkan,” tukas Penjabat Gubernur Lampung ini, saat mengunjungi kantor Lampungpost, sebagai bagian kunjungannya ketiga media yakni Lampungpost, Tribun Lampung dan Radar Lampung, Minggu (23/6/2025). (*)

 



Baca Juga