Selasa, 23 Jul 2024
Calon Wakil Rakyat 2024

Suara Rycko Menoza Lebih Unggul Dari Lodewijk F Paulus

EKSPOS – Rekapitulasi suara tingkat kabupaten kota yang masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) Lampung 1 untuk pemilihan DPR RI telah selesai dilakukan.

Dapil Lampung 1 terdiri dari Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Seperti dikutip dan dilansir berbagai mediaonline lokal dan nasional, perolehan suara mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza di Dapil Lampung I lebih unggul dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus. 

Berdasarkan Form D di 8 hasil pleno tingkat kabupaten/kota Daerah Pemilihan (Dapil) I, telah dapat diprediksi jumlah kursi partai dan caleg yang akan duduk di DPR RI.

Sebelumnya Partai Golkar mempertahankan satu kursi yang dimiliki Lodewijk F Paulus di Pemilu 2019 lalu.

Namun menurut Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pesawaran Yusak, kalahnya orang nomor dua di Partai Golkar itu melukai para kader yang sudah berjuang. Terutama di Kabupaten Pesawaran.

“Seandainya tiap kabupaten kota suaranya meningkat dari tahun 2019, kita bisa dapat dua kursi,” kata Yusak, Rabu (6/3/2024).

Pernyataan tersebut bukan tanpa tendensi, lantaran Ketua DPD Partai Golkar Lampung Arinal Djunaidi saat ini adalah Gubernur Provinsi Lampung.

Sementara KPU RI mengosongkan perolehan suara DPR RI Dapil Lampung I Partai Golkar atas interupsi permintaan partai tersebut pada Rapat Pleno Rekapitulasi Suara DPR RI di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2024).

Alasan Partai Golkar meminta pengosongan karena ada beberapa hasil TPS yang salah hitung dan salah tulis peroleh suara caleg partainya. Sedangkan untuk dibahas, perlu waktu, kata saksi Partai Golkar Lampung.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan anggota Bawaslu RI awalnya tetap menginginkan Ketua KPU Lampung Erwan Bustami terus membacakan hasil perolehan suara DPR RI Dapil Lampung I Partai Golkar.

Namun, saksi Partai Golkar Lampung tetap menginginkan perolehan suara caleg Dapil Lampung 1 dikosongkan dulu. Menurut saksi Partai Golkar, KPU RI jangan menyimpulkan karena kesimpulannya akan disampaikan pada internal partai. Akhirnya, Erwan Bustami menyetujuinya.

“Kosongkan dulu suara Golkar, suara partai yang lain kita sahkan dulu,” tandasnya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kemudian meminta saksi Golkar dapat menyampaikan hasil temuan itu ke Bawaslu provinsi untuk ditindaklanjuti. Kemudian, meminta KPU Lampung melanjutkan pembacaan perolehan suara.

“Kita teruskan dulu, nanti statusnya apa di bagian akhir saja,” kata Hasyim Asy’ari.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami kemudian melanjutkan pembacaan perolehan suara Partai Golkar 46.925, calon nomor urut 1 Lodewijk F Paulus 50.093 suara, calon nomor urut 2 Rycko Menoza 53.813 suara.

Dari Dapil Lampung 1, kader Partai Golkar yang lolos hanya Rycko Menoza dengan perolehan 53.813 suara.

Sedangkan petahana, Sekjen DPP Partai Golkar Letjen TNI (Purn) H. Lodewijk Freidrich Paulus jumlah suaranya tertinggal dari putra Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP. (*)

 



Baca Juga