Selasa, 23 Jul 2024
Budaya

Sekian Lama Dinanti: Buku Puisi ‘Paus Sastra’ Lampung Kembali Terbit

EKSPOS – Isbedy Stiawan ZS, sastrawan Lampung, menerbitkan buku puisi di tahun 2024. Ia sematkan judul Puisi Buruk yang Diuntungkan (Juni 2024).

Buku puisi terbaru ini menandai 66 tahun usia penyair yang dijuluki Paus Sastra Lampung dari HB Jassin di bawah bendera Siger Publisher.

“Tapi dicetak di Yogyakarta, diinisiasi oleh Lukman Hakim. Jadi yang berminat hubungi saja Lukman 0812-2720-8202,” kata Isbedy yang telah meluncurkan buku sastra lebih dari 40 judul ini, Sabtu 29 Juni 2024.

isbedy menjelaskan, harga buku pada PO ini seharga Rp60.000 dan itu belum biaya kirim dari Yogyakarta. “Sila kontak Lukman bagi yang berminat,” katanya lagi.

Puisi-puisi Isbedy Stiawan ZS dalam buku terbarunya ini sebagian sudah dimuat sejumlah media cetak/online, dan ada juga yang memang tidak dikirim ke media atau dipublikasikan. 

“Ada yang baru dan sengaja diperuntukkan masuk buku ini,” jelas Isbedy singkat.

Satu puisi Isbedy yang dimuat buku ini (hlm 2):

 

MENUJU PENYAIR

 

menuju penyair

segala tiket tersedia

kau mau pilih kursi 

mana? 

       di depan, 

       belakang makmum 

yang menjaga katakata 

atau membaca kalimat 

di halaman karcis masuk 

 

mau jadi penyair 

segala karcis 

bisa kaupesan 

      kau mau di kursi depan

      jadi penjaga segala kata 

      melesat ke manamana

 

menuju pada penyair 

pilih tiket paling mudah

ke swargaloka — segala 

peluk berpeluk kata

 

Buku puisi ini juga diberi kata pengantar oleh penyairnya. Demikian kata Isbedy, “Seburuk-buruk puisi ia punya nilai. Boleh jadi. Bisa pula dihargai dan dapat diapresiasi sebagai (karya) puisi. Karena puisi buruk, kadang, bisa diuntungkan oleh di luar puisi.” ***



Baca Juga